Friday 10 May 2013

Cara Mengetahui ukuran header blog


Sering tampilan standar suatu blog belum bisa memuaskan hati,selalu saja ada yang ingin dirubah. Nah, kunci untuk merubah tampilan pada blog kita tidak bisa lepas dari struktur template dan yang paling sering dirubah adalah ukuran bagian header, sidebar dan halaman posting. Untuk memudahkan perlu dipahami istilah-istilah pada blogspot sebagai berikut :
• Header-wrapper, (halaman title dan deskripsi blog)
• outer-wrapper, ( halaman body secara keseluruhan)
• main-wrapper, (halaman posting)
• sidebar-wrapper, ( halaman tempat widget)
• footer-wrapper, (halaman catatan kaki)



Dengan menggunakan istilah-istilah tersebut maka kita bisa mencari masing-masing bagian pada template blog serta mengetahui dan bisa langsung merubah ukurannya sesuai dengan keinginan. Cara mencarinya adalah dengan menambahkan tanda # didepannya. Contoh jika ingin mencari ukuran header maka kode pencariannya menggunakan #header-wrapper. Untuk mencari bagian yang lain cara yang digunakan sama seperti tersebut diatas. Berikut contoh cara mengetahui dan merubah ukuran header :

1. Masuk ke halaman Dasbor blog anda dan klik pada Rancangan.
2. Klik pada Edit HTML.
3. Kemudian carilah kode: #header-wrapper
4. Lebih mudahnya mencari tekan (Ctrl + F) pada keyboard lalu tekan Enter. Maka akan muncul kotak Find. Ketiklah kode yang akan dicari pada kotak tersebut lalu tekan Enter, maka secara otomatis akan muncul kode yang dicari dalam keadaan terseleksi dengan warna hijau.
5. Perhatikanlah beberapa baris kode dibawahnya. Sebagai contoh serta keterangannya akan tampak seperti di bawah ini:

#header-wrapper { (artinya halaman header)
width:900px; (artinya lebarnya 900 pixels)
height:120px; (artinya tingginya 120 pixels)

Sekarang kita sudah tahu itulah ukuran headernya, yaitu lebar 900px dan tingginya 120px. (Sebagai catatan, secara default ukuran yang ada pada header bisanya hanya lebar(width)nya saja. Untuk tinggi biasanya ditambahkan kemudian jika kita ingin memasang gambar pada header).

Untuk merubah lebar dan tingginya kita tinggal menggantikan angka tersebut sesuai dengan keinginan. Langkah ini juga berlaku untuk mencari dan merubah bagian sidebar dan halaman posting.
Selamat mencoba semoga berguna.

0 Coment:

Post a Comment