Tuesday 21 May 2013

Tips cara pakai fokus manual untuk kamera digital dslr


Tips_Teknik_Foto_kamera_digital_dslr-1121
Pada topik ini, marilah kita berdiskusi mengenai fokus manual (atau manual focus). Ini adalah fungsi yang terletak di lensa anda, dan biasanya ada 2 pilihan seperti gambar di atas. AF adalah Auto Focus, atau fokus otomatis. Sedangkan MF adalah Manual Focus, atau fokus manual. Fungsi ini sangat jarang digunakan, dikarenakan kecanggihan sistem kamera digital jaman sekarang, yang mampu membantu seorang fotografer untuk mencapai fokus dengan cepat dan tepat sewaktu menggunakan AF. Namun, fokus manual masih ada kegunaannya, dan pentinglah untuk mengetahui saat yang tepat untuk menggunakannya.

Keterbatasan cahaya

AF sangatlah bergantung dengan adanya cahaya yang cukup. Apakah anda pernah kesulitan untuk fokus pada saat anda berusaha memotret dalam keadaan yang gelap? Inilah waktunya untuk menggunakan manual fokus.

Ingin memotret sebuah objek yang polos

Fokus otomatis berfungsi dengan cara mencari sesuatu kontras dari objek tersebut. Jika ingin memotret sebuah objek yang polos, misalnya tembok putih yang polos, maka kamera akan sulit untuk mendapatkan fokus. Dengan meng-set lensa ke manual, dan mencari fokus lewat viewfinder dengan mata kita, maka akan tercapai fokus.

Objek yang bergerak dengan sangat cepat

Kadang seorang fotografer harus siap untuk menangkap momen2 penting yang terjadi dengan sangat cepat. Walaupun kamera digital (DSLR) saat ini sudah diperangkati dengan auto focus yang luar biasa cepatnya untuk mampu mencari fokus objek bergerak dengan cepat, tapi tetap saja kamera bisa meleset. Dengan menggunakan manual focus, kita bisa mengantisipasi gerakan objek kita. Contohnya dengan fokus secara manual ke daerah yang akan dilalui oleh objek tersebut, dan menekan tombol shutter pada saat objek tepat di dalam “depth of field” tersebut.
Detail kamera digital dslr
Semoga tutorial ini telah menginformasikan kiranya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan MF atau fokus manual, agar mencapai fokus yang lebih baik dibanding dengan AF.Ada pertanyaan mengenai fokus manual? Silahkan berkomentar di bawah.

0 Coment:

Post a Comment